Detail Cantuman Kembali

XML

IMPLEMENTASI PROGRESSIVE WEB APPS(Studi Kasus : Sistem Informasi Pengelolaan Potensi Desa Wisata)


Simpel Dawis (Sistem Informasi Pengelolaan Potensi Desa Wisata) merupakan sebuah sistem informasi yang digunakan di Wisata Kali Opak Tujuh Bulan sebagai media informasi kepada masyarakat dan pengunjung tentang wisata kali opak tujuh bulan. Kondisi jaringan yang berbeda-beda terutama wisata alam membutuhkan sebuah teknologi yang dapat memudahkan pengunjung dalam mengakses website kapan pun dan dimana pun, bahkan dalam kondisi offline.
Progressive Web Apps (PWA) adalah konsep pengembangan aplikasi berbasis web yang mencakup teknologi terbaru dari browser seperti web apps manifest, service worker dan app shell. Konsep PWA diharapkan mampu memberikan pengalaman terbaik dalam menggunakan suatu aplikasi web walaupun dalam kondisi jaringan yang minim atau offline sekalipun.
Service worker sebagai pengatur request dan respon pada sebuah aplikasi web dapat diatur sesuai kebutuhan. Pada studi ini, service worker menggunakan strategi cache first then network, cache fallback untuk menghindari error pada kerangka kerja Laravel dan tetap mendapat respon yang cepat ketika web dibuka. Penerapan konsep PWA khususnya service worker meningkatkan performa website Simpel Dawis pada saat memuat halaman dan berjalan secara offline. Selain itu
memberikan referensi tentang perbandingan web native dan web progresif.
Kata Kunci : Laravel, Progressive Web Apps, Service Worker, Web App Manifest.

067 Mau I R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...