Detail Cantuman Kembali

XML

LBS WISATA TERDEKAT DENGAN PENGURUTAN LOKASI MENGGUNAKAN BUBBLE SORT BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: LOKASI WISATA DI WONOGIRI)


Berkembangnya teknologi mobile saat ini menyebabkan tingginya jumlah pengguna smartphone di Indonesia, hal ini disebabkan oleh berbagai fitur dari teknologi mobile dapat menawarkan banyak kemudahan bagi penggunanya untuk membantu berbagai kebutuhan sehari – hari.
Dibalik perkembangan teknologi yang pesat tersebut, potensi sektor wisata yang besar yang dimiliki oleh Wonogiri terbukti kurang ideal dalam menyumbangkan jumlah wisatawan yang ada dibandingkan dengan sektor wisata kabupaten Pacitan dan kabupaten Gunung kidul.
Salah satu perkembangan teknologi yang dapat membantu sektor pariwisata adalah tekologi LBS(Location Based Service). LBS merupakan layanan informasi yang memanfaatkan kemampuan untuk menggunakan informasi lokasi dari perangkat bergerak dan dapat diakses dengan perangkat bergerak melalui jaringan telekomunikasi bergerak. Untuk memudahkan penerapan LBS pada lokasi wisata, perlu adanya bantuan algoritma yang dapat menampilkan urutan lokasi wisata dari yang terdekat. Bubble Sort merupakan sebuah algoritma pengurutan yang sederhana. Cara kerja dari algoritma ini adalah mengulang proses pembandingan
antara tiap-tiap elemen larik dan menukarnya apabila urutannya salah.
Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuat aplikasi untuk menampilkan daftar lokasi wisata Wonogiri dalam bentuk penanda lokasi menggunakan peta. Penerapan Bubble Short akan digunakan untuk mengurutkan semua jarak lokasi wisata dengan pengguna yang ditampilkan daftarnya secara berurutan dari jarak yang terdekat.
Aplikasi ini berbasis android yang akan menampilkan daftar lokasi wisata Wonogiri dalam bentuk penanda lokasi di peta dan daftar lokasi wisata yang terdekat dari posisi pengguna ke lokasi wisata sehingga diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk menentukan lokasi wisata yang ingin dituju.
Kata kunci : Android, BubbleShort, LBS, Maps, Wisata Wonogiri

072 Suh T R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...