Detail Cantuman Kembali

XML

IDENTIFIKASI KEMATANGAN BUAH KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN METODE BACKPROPAGATION


Kelapa sawit unggul mulai berproduksi pada umur 3,5 tahun yang ditandai dengan warna merah pada buah, tergantung pada kadar minyaknya, karena perubahan warna buah ini disebabkan oleh perubahan kadar minyaknya. Buah kelapa sawit yang mempunyai kualitas baik adalah buah yang dipanen pada tingkat kematangan yang tepat, yang ditandai dengan perubahan warna akibat perubahan konsentrasi pigmen, dan diteliti dengan parameter lain, seperti kadar air dan asam lemak bebas.
Aplikasi ini dibangun menggunakan metode backpropagation dengan beberapa tahap yaitu resize, membedakan area latar belakang dan latar depan menggunkan segmentasi thresholding,dilakukan ekstraksi citra histogram yang digunakan untuk mengidentifikasi kematangan buah kelapa sawit. Data yang digunkan untuk melakukan pengujian diambil dari 90 data buah kelapa sawit yang teridiri dari buah matang, mengkal, dan mentah.
Tingkat identifikasi kematangan buat kelapa sawit menggunakan metode backpropagation ini berhasil dengan 90 data inputan menghasilkan tingkat keberhasilan identifikiasi sebesar 82,22%. Dari hasil identifikasi yang dilakukan menghasilkan 3 output identifikasi yaitu buah matang 86,66%, buah mengkal 66,66% dan mentah 91,33%.
Kata kunci : buah kelapa sawit, Backpropagation, histogram, matlab.

073 Mut I R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...