Detail Cantuman Kembali

XML

IMPLEMENTASI METODE GROUND PLANE UNTUK VISUALISASI HABITAT KUPU-KUPU MENGGUNAKAN VUFORIA AUGMENTED REALITY


Ground Plane adalah metode dengan kemampuan rekonstruksi 3D baru yang membawa pengalaman interaktivitas untuk augmented reality ke level yang lebih seru. Aplikasi yang didukung oleh Ground Plane ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan ruang bermain mereka sendiri di mana karakter permainan dapat berinteraksi dengan dunia nyata. Vuforia Ground Plane sebagai bagian dari Smart Terrain memungkinkan konten digital ditempatkan pada permukaan horizontal di lingkungan Pengguna, seperti lantai dan permukaan meja. Ground Plane menyediakan solusi ideal bagi pengembang untuk menciptakan pengalaman Augmented Reality mulai dari aplikasi Pembelajaran di bidang pendidikan hingga game dan visualisasi desain.
Metode pengujian dengan melakukan simulasi untuk menemukan lingkungan yang didukung untuk menjalankan metode ground plane pada bidang datar dengan menggunakan single kamera smartphone. Pengujian dimulai dengan mencari posisi kamera yang difokuskan pada bidang datar, pencahayaan di pagi hari 1290 Lux (lx), sore hari 535 Lux (lx) dan malam hari 28 Lux (lx) pada permukaan bidang datar yang sama.
Hasil dari sistem akan berupa sebuah aplikasi dengan metode ground plane yang dapat memvisualisasi habitat kupu-kupu pada permukaan bidang datar. Berdasarkan hasil pengujian pada metode ground plane untuk penggunaan single kamera, dapat disimpulkan bahwa lingkungan yang didukung yaitu kondisi tinggi kamera pada bidang datar 100 cm dengan sudut 60 derajat, dan ukuran intensitas cahaya 535 lux (lx) detail permukaan yang stabil yaitu permukaan yang rata dan tidak bergelombang.
098 Yud I R.1
NONE
Text
Indonesia
STMIK AKAKOM
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...