Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBANGKIT PETA LABIRIN MENGGUNAKAN ALGORITMADEPTH FIRST SEARCH (STUDI KASUS:GAME LABIRIN BERBASIS ANDROID)


Saat ini sudah banyak sekali jenis game puzzle yang asik untuk dimainkan, salah satunya adalah game labirin. Labirin merupakan puzzle yang terdiri dari jalur yang rumit serta berliku-liku, dimana penyelesaian game tersebut harus mencari jalan keluar dari labirin. Tetapi masih sering ditemukan permainan labirin yang jalurnya tetap sama karena memang sudah dibuat statis pada permainan tersebut. Hal ini mengurangi rasa ingin tahu pemain untuk menelusuri labirin itu kembali. Untuk menghasilkan labirin yang dinamis, perlu adanya maze generator sebagai pembangkit peta labirin.
Sistem ini dikembangkan pada platform android, dengan menggunakan Unity sebagai tools. Dalam pengembangannya sistem ini menggunakan algoritma Depth-First Search sebagai maze generator. Kemudian dilakukan pengujian terhadap 3 level kompeksitas labirin yang dibentuk, yatiu simpel, sedang dan kompkeks untuk menganalisis resource seperti CPU terpakai, GC Alloc dan waktu yang dibutuhkan saat proses generate labirin.
Dengan menggunakan algoritma ini sebagai maze generator, dapat menghasilkan peta labirin yang dinamis. Serta hasil yang diperoleh dari pengujian ini yaitu labirin simpel menggunakan CPU rata-rata sebesar 15,56%, GC Alloc rata-rata sebesar 167,45KB, dan waktu rata-rata selama 45,02ms. Labirin sedang menggunakan CPU rata-rata sebesar 22,34%, GC Alloc rata-rata sebesar 242,73KB, dan waktu rata-rata selama 74,25ms. Labirin kompleks menggunakan CPU rata-rata sebesar 29,80%, GC Alloc sebesar 351,05KB, dan waktu rata-rata selama 116,67ms. Artinya semakin kompleks labirin yang dibentuk, maka semakin besar juga resource yang dibutuhkan.
083 Aby P R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...