Detail Cantuman Kembali

XML

OPTIMASI PENJADWALAN UJIAN PRA SKRIPSI DAN SKRIPSIMENGGUNAKAN METODE ALGORITMA GENETIKA (STUDI KASUS: STMIK AKAKOM YOGYAKARTAPROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA)


STMIK AKAKOM Yogyakarta melakukan sebuah penjadwalan untuk seluruh kegiatan akademiknya. Proses penjadwalan yang dilakukan selama ini masih meggunakan sistem yang belum terintegrasi dengan baik, sehingga kadang kala menimbulkan kesalahan dalam penjadwalan. Masalah yang kerap terjadi adalah benturan jadwal ujian antar dosen sehingga menyebabkan pekerjaan yang dilakukan menjadi kurang efektif.
Algoritma genetika adalah metode optimasi untuk proses penjadwalan ini yang dimana memiliki urutan umum inisialisasi populasi, rekombinasi, mutasi, perhitungan fitness, dan seleksi. Dengan menggunakan metode algoritma genetika yang mampu untuk melakukan rekombinasi untuk setiap jadwal yang ada untuk meminimalisir terjadinya bentrokan. Aplikasi yang dibuat dapat mengkalkulasi jadwal mahasiswa Teknik Informatika agar lebih tepat waktu dan tidak bentrok dengan jadwal yang lain dengan mencari hasil dari perhitungan fitness bernilai diatas atau sama dengan 0,8.
Pada penelitian ini Algortima Genetika berhasil mengoptimasi jadwal sesuai dengan apa yang diharapkan. Hasil yang didapatkan dari aplikasi ini sudah mampu menyeleksi nilai fitness yang bernilai diatas atau sama dengan 0,8. Aplikasi ini telah mampu untuk mengoptimasi proses penjadwalan ujian pra dan skripsi, sehingga dapat menghasilkan jadwal yang lebih baik.
084 Mur O R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...