Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN TELEGRAM BOT UNTUK APLIKASI PENGADUAN KELUHAN INTERNAL PLN UP2D JTY DCC YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE WEBHOOK


Sistem pengaduan keluhan internal UP2D DCC Yogyakarta selama ini hanya disampaikan secara langsung sehingga tidak ada record yang tersimpan. Akan lebih baik apabila transaksi tersebut tersimpan pada sistem yang terpadu, sehingga memudahkan setiap orang untuk mengakses dan mengetahui tentang informasi keluhan tersebut. Oleh karena itu diperlukan sistem untuk menampung beberapa hal di atas.
Telegram mesengger merupakan salah satu social messenger yang penuh dengan fitur-fitur uniknya. Salah satunya adalah fitur bot-nya (Telegram Bot). Telegram Bot API menawarkan platform untuk pengembang yang memungkinkan mereka untuk dengan mudah menangkap data dan mengubahnya menjadi informasi yang berguna.
Aplikasi ini terbagi menjadi dua, yaitu aplikasi berbasis web dan aplikasi berbasis mobile (telegram bot). Aplikasi berbasis mobile yang dikembangkan menggunakan metode komunikasi webhook. Metode ini dipilih karena bot tidak harus melakukan update secara terus-menerus karena bot ditanam di sebuah Uniform Resource Locator (URL). Ketika ada pesan masuk, pesan tersebut akan ditampilkan atau diteruskan ke URL yang telah diatur untuk selanjutnya diproses oleh bot.
Dari pengujian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa aplikasi dapat berfungsi sesuai dengan rancangan. Setelah dilakukan pengujian waktu respon terhadap perintah, waktu respon dengan metode webhook lebih cepat dibandingkan dengan metode long polling
087 Rad P R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...