Detail Cantuman Kembali

XML

PENERAPAN DESIGN PATTERN MODEL-VIEW-CONTROLLER (MVC) PADA APLIKASI POS BANTUAN HUKUM (POSBAKUM) BERBASIS WEBSITE STUDI KASUS PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA


Kantor Pengadilan Negeri (PN) Yogyakarta telah menyelenggarakan Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) sejak diterbitkan Peraturan Mahkaman Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 tentang pedoman pemberian layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu di pengadilan. Untuk memberikan layanan posbakum pengadilan, PN Yogyakarta menjalin kerjasama dengan lembaga konsultasi dan bantuan hukum di Yogyakarta.
Penyelenggaraan Layanan Hukum bagi masyarakat tidak mampu secara rutin dicatat dalam Buku Register karena aplikasi pengolahan data layanan hukum Posbakum belum tersedia sehingga pencatatan dan pelaporan layanan hukum Posbakum Pengadilan bagi masyarakat tidak mampu baru bisa dikelola dan dikoordinasikan secara manual yang menyebabkan proses monitoring belum berjalan optimal karena data yang tidak tersusun secara sistematis.
Penerapan teknologi aplikasi berbasis website dengan konsep desain pattern model-view-controller (MVC) dengan framework codeigniter dipilih agar aplikasi mudah dikelola dan dikembangkan. Aplikasi posbakum berbasis website membantu pengolahan data permintaan dan pemberian layanan hukum Posbakum secara elektronis, ringan dan mudah diakses sehingga informasi menjadi terpusat dan terpadu serta proses monitoring posbakum berjalan optimal.
089 Sur P R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...