Detail Cantuman Kembali

XML

INTERAKSI TERHADAP TOKOH PEWAYANGAN ( PANDAWA LIMA ) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID


Dalam pewayangan, pengertian dari wayang sendiri adalah boneka tiruan terbuat dari pahatan kulit atau kayu dan sebagainya yang dapat dimanfaatkan untuk memerankan tokoh dalam pertunjukan drama tradisional. Teknologi secara umum adalah alat, mesin, cara, proses ataupun gagasan yang dibuat untuk mempermudah aktifitas manusia dalam ehidupan sehari – hari, akibatnya dari kecenderungan terhadap teknologi bisa mengakibatkan masyarakat tidak tertarik untuk mengenal ataupun melestarikan budaya didaerahnya salah satunya wayang. Teknologi augmented reality merupakan sarana teknologi yang dapat digunakan untuk memvisualisasikan sebuah objek dua dimensi ataupun tiga dimensi kedalam lingkungan nyata secara realtime.
Dalam proses interaksi terhadap tokoh pewayangan menggunakan teknologi augmented reality maka pengujian menggunakan pengamatan user berupa menghitung banyak sentuhan dan berapa lama bisa menjalankan aplikasi.
Hasil Penelitian ini bertujuan bahwa setiap pengguna dapat berinteraksi dengan objek 3D wayang dengan mudah dan dapat menjalankan aplikasi secara baik.
Kata Kunci : augmented reality, ar wayang, pandawa lima, vuforia
036 Wid I R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...