Detail Cantuman Kembali

XML

APLIKASI PENERIMAAN SISWA PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) MENGGUNAKAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP)


Warung internet Equator (Warnet Equator) merupakan salah satu tempat usaha yang menawarkan layanan jasa bagi konsumen yang ingin menggunakan fasilitas koneksi internet. Namun Warnet Equator juga telah menjadi tempat Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi siswa SMK Jurusan Jaringan. Penilaian calon siswa PKL merupakan sebuah proses yang dilakukan warnet untuk menghasilkan siswa yang diharapkan warnet dalam kelangsungan operasional Warnet.
Banyaknya siswa yang mendaftar sebagai siswa PKL di Warnet Equator serta keterbatasan kuota PKL yang tersedia telah menjadi masalah tersendiri bagi Warnet Equator dalam menentukan siapa saja yang layak untuk diterima. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan dukungan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk membantu menentukan siswa PKL yang harus diterima dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Ada beberapa proses yang dilakukan yaitu proses perhitungan AHP dengan kepentingan perbandingan kriteria yang dinamis, proses perbandingan alternatif yang dihitung manual. Dari semua proses yang dilakukan terekap dalam database.
Penelitian menghasilkan aplikasi SPK yang mengeluarkan hasil rekomendasi daftar nilai siswa PKL berdasarkan urutan nilai terbaik. Dengan demikian manajer dapat memilih siswa PKL sesuai rekomendasi.
Kata Kunci : Analytical Hierarchy Process (AHP), PKL, sistem pendukung keputusan (SPK), warnet.
014 Mau A R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...