Detail Cantuman Kembali

XML

SISTEM PRESENSI MAHASISWA MENGGUNAKAN QR CODE BERBASIS ANDROID PADA STMIK AKAKOM YOGYAKARTA


Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem presensi mahasiswa dengan menggunakan teknologi QR Code dan smartphone sebagai media dalam pengambilan data presensi. Penelitian ini dilakukan dikarenakan sistem presensi yang diterapkan masih dilakukan secara manual mulai dari proses presensi di kelas hingga dengan penginputan data presensi ke dalam sistem.
Pemanfaatan fungsi kamera dari smatphone dan teknologi QR Code akan memudahkan mahasiswa untuk melakukan presensi dimana presensi dilakukan dengan cara scan QR Code yang ditampilkan dosen sesuai dengan kelas yang diambil dan dilakukan secara serentak.
Penggunaan Sistem presensi dengan tekologi QR Code dapat memeberikan kepraktisan dan dapat memberikan solusi agar presensi dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Mahasiswa tidak perlu lagi melakukan presensi dengan pengisian tanda tangan secara langsung satu per satu secara manual serta untuk bagian adak tidak perlu menginputkan data presensi ke dalam sistem karena data presensi telah disimpan langsung ke database pada saat mahasiswa berhasil presensi.
Kata kunci : Generate, Presensi, QR Code, Scan
Pulut Suryati, S.Kom., M.Cs. - Personal Name
Mastari - 165610062 - Personal Name
013 Mas S R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...